Tautan-tautan Akses

AS

Trump Imbau Warga AS Hindari Venezuela


Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Gedung Putih, Washington, D.C., 23 Januari 2019.

Presiden AS Donald Trump mengingatkan warga Amerika untuk tidak bepergian ke Venezuela, di mana sedang terjadi pergolakan besar politik.

Dalam cuitannya di Twitter, Rabu, Trump mengatakan, “aksi protes besar-besaran diperkirakan akan berrlangsung hari ini.” Ia menyarankan rakyat Amerika untuk tidak pergi ke Venezuela hingga adanya pemberitahuan lebih lanjut.

Pemimpin oposisi Venazuela Juan Guaido hari ini akan meningkatkan tekanan terhadap Presiden Nicolas Maduro dengan aksi protes nasional. Guaido menghimbau rakyat Venezuela untuk ke luar rumah dan tempat kerja mereka secara serentak selama dua jam, Rabu. Guaido menyatakan dirinya sebagai pemimpin Venezuela yang sah sepekan lalu dan mengatakan bahwa negara itu siap menghadapi perubahan.

Pemerintahan sosialis Maduro yang sedang dirundung masalah melarang Guaido meninggalkan negara itu sementara pemimpin oposisi itu diselidiki terkait kegiatan-kegiatan anti-pemerintah.

AS dan banyak negara lain mendukung Guaido. Trump telah memberlakukan sanksi-sanksi yang dapat merugikan pendapatan minyak negara itu hingga miliaran dolar.

Trump juga mencuitkan: “Maduro bersedia bernegosiasi dengan oposisi di Venezuela menyusul pemberlakukan sanksi-sanksi AS dan pemangkasan pendapatan minyak. Guaido kini menjadi target Mahkamah Agung Venezuela.” [ab]

XS
SM
MD
LG