Tautan-tautan Akses

Rusia Lakukan Simulasi Penerbangan ke Mars


Enam astronot akan mengisolasi diri selama 520 hari dalam eksperimen simulasi misi berawak ke Mars.

Keberangkatan enam orang astronot yang hendak melakukan eksperimen pada hari Kamis, dapat menjadi satu langkah besar ke arah misi berawak ke planet Mars. Sejauh ini, manusia belum pernah mendarat di Mars.

Tiga kosmonot Rusia, seorang warga Italia-Kolombia, seorang Perancis dan seorang insinyur Tiongkok akan berada selama 520 hari berikut, dalam kapsul tanpa jendela di Moskow untuk penerbangan simulasi ke planet merah tersebut.

Keenam astronot akan berlatih menyendiri lama dengan tinggal dalam kapsul 550 meter kubik, dan memakan makanan kaleng, dan mandi hanya sekali setiap 10 hari.

Menurut pakar, perjalanan ke Mars akan membutuhkan waktu 520 hari untuk penerbangan pulang-pergi antara bumi dan Mars, ditambah 30 hari untuk menjajaki permukaannya.

Selama berlangsungnya eksperimen, masing-masing astronot akan melakukan pekerjaan yang berbeda dan menggunakan bahasa isyarat khusus untuk mengatasi hambatan komunikasi atau perbedaan bahasa.

Kosmonot Alexei Sytev mengatakan hal yang paling sulit baginya dalam satu setengah tahun mendatang, adalah kerinduan melihat matahari terbenam dan merasakan hujan pada kulitnya.

Eksperimen isolasi lama seperti ini sudah pernah gagal tahun 1999.

XS
SM
MD
LG