Tautan-tautan Akses

Rusia, Iran Bantu Pasukan Suriah Serang Pemberontak di Aleppo


Para relawan mencari korban selamat pasca serangan udara Suriah terhadap posisi pemberontak di Aleppo (16/4).
Para relawan mencari korban selamat pasca serangan udara Suriah terhadap posisi pemberontak di Aleppo (16/4).

Pasukan pemerintah Suriah, dibantu oleh Rusia dan Iran, bersiap-siap di sekeliling Aleppo, Suriah, dalam sebuah rencana ofensif baru untuk menggempur pemberontak di sana.

Rusia dan Iran bersiap-siap di sekeliling Aleppo, Suriah, dalam apa yang tampaknya adalah ofensif baru untuk memperkuat kedudukan Presiden Bashar al-Assad.

“Kita menyaksikan pasukan rezim Suriah disertai dukungan Rusia, mulai mengkonsentrasikan kekuatan tempur sekeliling Aleppo.” Demikian kata juru bicara Operation Inherent Resolve, Kolonel Steve Warren kepada reporter Pentagon Rabu (20/4).

“Ini merupakan sesuatu yang kami prihatinkan,” katanya.

Pejabat pertahanan dan intelijen Amerika mengatakan, Rusia secara bertahap berusaha memperkuat kehadirannya di sekeliling Aleppo, dan mengalihkan artileri yang dipergunakannya dalam ofensif di Palmyra.

Pesawat terbang, helikopter, dan pasukan Rusia juga bergerak menuju Aleppo dalam beberapa minggu terakhir. Pada saat bersamaan, ratusan anggota milisi Syiah yang didukung Iran, berkumpul di daerah itu untuk memperkuat pasukan rezim Suriah. [jm]

XS
SM
MD
LG