Tautan-tautan Akses

Para pejabat Rusia telah melarang diplomat Amerika dan keluarga mereka menggunakan sebuah tempat rekreasi milik Amerika di pinggir kota Moskow, bagian tindakan pembalasan yang diumumkan oleh Presiden Vladimir Putin.

Presiden Rusia itu memerintahkan pengurangan 755 staf kedutaan dan konsulat Amerika dari jumlahnya yang sekarang 1200 orang. Ini adalah jawaban atas sanksi yang dikenakan Amerika atas apa yang disebutnya campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden tahun 2016.

Ini juga merupakan pengurangan terbesar atas personil kedutaan dan konsulat Amerika di Rusia, walaupun banyak dari orang-orang itu kemungkinan adalah warga Rusia yang bekerja sebagai staf pembantu.

Presiden Putin mengatakan, dengan pengurangan itu, jumlah staf dan diplomat kedutaan massing-masing di Moskow dan Washington akan menjadi 455 orang.

Presiden Donald Trump tidak banyak berkomentar sejak Putin mengumumkan tindakan pembalasannya. Ketika ditanya wartawan hari Senin (31/7), Juru Bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders mengatakan “saat ini kami sedang meninjau opsi-opsi apa yang akan kami ambil.”

Gedung Putih telah mengatakan Presiden Trump akan menandatangani undang-undang tentang sanksi baru terhadap Rusia yang diloloskan oleh Kongres minggu lalu, tapi sampai sekarang belum melakukannya. (ii)

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG