Tautan-tautan Akses

Rusia Ancam Larang Facebook 


Seorang wanita muda memegang telepon genggamnya di Lapangan Merah dengan latar belakang Menara Spasskaya Kremlin (kanan) dan Katedral St. Basil (tengah) di latar belakang di Moskow, Rusia, Senin, 25 Juli 2016. (AP Photo / Pavel Golovkin)

Rusia telah mengancam akan melarang Facebook beroperasi di negara itu jika tidak mematuhi hukum tentang penyimpanan data pengguna.

Undang-undang tersebut, yang disahkan pada tahun 2014, mewajibkan perusahaan-perusahaan telekomunikasi untuk menyimpan data pribadi orang Rusia di Rusia. Undang-undang itu telah dikecam sebagai cara pemerintah Rusia memaksa perusahaan-perusahaan untuk menyerahkan data para pengguna.

Alexander Zharov, kepala Roskomnadzor, badan pengawas telekomunikasi milik pemerintah, mengatakan kepada para wartawan, “hukum ini berlaku bagi semua orang. Kami akan berusaha membuat Facebook menghormati hukum ini. Ini semua pasti akan terjadi pada tahun 2018.”

Jika Facebook memilih untuk tidak mematuhi undang-undang tersebut, ujar Zharov, perusahaan itu harus hengkang dari Rusia. [lt]

XS
SM
MD
LG