Tautan-tautan Akses

Rusia akan Operasikan Senjata Baru Berkecepatan 27 Kali Kecepatan Suara


Layanan Pers Kementerian Pertahanan Rusia mengeluarkan gambar rudal balistik antarbenua. Militer Rusia mengatakan senjata hipersonik Avangard akan mulai beroperasi pada 27 Desember 2019. (Foto: AP)

Sebuah senjata antar-benua baru yang bisa terbang 27 kali kecepatan suara akan dioperasikan Rusia pada Jumat (27/12). Adanya senjata itu akan meningkatkan kemampuan penyerangan nuklir Rusia.Demikian dilaporkan Kementerian Pertahanan Rusia kepada Presiden Vladimir Putin.

Putin menggambarkan kendaraan luncur hipersonik Vangard sebagai terobosan teknologi dan maknanya setara dengan peluncuran satelit Uni Sovyet pada 1957. Senjata Rusia yang baru ini dan sebuah sistem mirip yang sedang dikembangkan oleh Tiongkok telah merisaukan Amerika.

Avangard diluncurkan dari sebuah misil balistik antar benua, tetapi tidak seperti hulu-ledak biasa yang punya trayektori tertentu setelah pemisahan, Avangard mampu melakukan manuver di atmosfir sehingga jauh lebih sulit untuk dicegat. Menteri Pertahanan Sergei Shoigu memberitahu Putin satuan misil pertama yang dilengkapi dengan kendaraan luncur hipersonik Avangard telah dimasukkan ke dalam jajaran tempur Rusia.

“Saya ucapkan selamat atas pencapaian bersejarah ini untuk militer dan seluruh bangsa,” demikian kata Shoigu ketika berlangsung konferensi dengan para pemimpin militer tertinggi negara itu. [jm/pp]

Lihat komentar (1)

Recommended

XS
SM
MD
LG