Tautan-tautan Akses

AS Kecam Rusia, China Karena Veto Resolusi Bantuan Suriah


Menteri Luar Negeri Mike Pompeo memberi kata sambutan dalam sebuah acara di Departemen Luar Negeri AS di Washington, 19 Desember 2019. (Foto: AFP)

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengecam Rusia dan China, Sabtu (21/12), setelah kedua negara itu memveto sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB untuk memblokir bantuan kemanusiaan lintas batas ke Suriah.

"Veto oleh Federasi Rusia dan China kemarin atas sebuah resolusi Dewan Keamanan yang memungkinkan bantuan kemanusiaan mencapai jutaan warga Suriah adalah sesuatu yang memalukan," kata Pompeo dalam pernyataan.

"Kepada Rusia dan China, yang telah memilih membuat pernyataan politik dengan menentang resolusi ini, tangan kalian penuh darah," tegas Pompeo.

Resolusi itu sedianya akan memperpanjang selama setahun pengiriman bantuan lintas batas dari Turki dan Irak kepada 4 juta warga sipil Suriah yang menjadi korban konflik Suriah yang dimulai pada 2011.

Veto itu meningkatkan kekhawatiran bahwa bantuan yang didanai PBB akan dicegah masuk ke kawasan Idlib dan wilayah yang dikuasai oposisi lain di Suriah, apabila perjanjian alternatif gagal dicapai sebelum resolusi sekarang ini habis masa berlakunya dalam kurang dari tiga tahun. [vm/ft]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG