Tautan-tautan Akses

Rotterdam Batalkan Konser Allah-Las karena Peringatan Ancaman Teror


Gambar yang diambil dari video menunjukkan daerah yang dipasangi pembatas dari kepolisian Rotterdam, 23 Agustus 2017 setelah sebuah konser yang diadakan grup musik Amerika menyusul informasi mengenai ancaman teror.

Para pejabat kota Rotterdam di Belanda membatalkan konser grup musik cadas Amerika Allah-Las setelah informasi dari polisi Spanyol tentang kemungkinan terjadi serangan teror.

Walikota Rotterdam Ahmed Aboutaleb mengatakan dalam jumpa pers yang dilakukan mendadak bahwa polisi memeriksa seorang pengemudi mobil van yang berisi tabung-tabung gas yang ditemukan di dekat lokasi konser. Kendaraan itu terdaftar di Spanyol.

Penyelenggara konser Rotown mengatakan melalui Twitter lokasi konser, bekas tempat penyimpanan gandum yang disebut Maasilo telah dikosongkan. Keputusan untuk membatalkan konser itu diambil beberapa jam sebelum pintu ke lokasi konser dibuka untuk penonton.

Walikota Aboutaleb mengatakan polisi Spanyol melaporkan ancaman teror itu beberapa jam sebelum band dari Kalifornia tersebut naik ke panggung, dan laporan itu cukup serius sehingga konser dibatalkan. Namun ia menambahkan belum ada bukti kaitan antara rencana serangan itu dan mobil van berisi tabung-tabung gas yang masih diperiksa pakar peledak.

Keempat anggota Allah-Las mengatakan kepada harian Inggris The Guardian tahun lalu mereka memilih nama Allah untuk band itu karena menginginkan nama yang bernada suci, dan tidak menyadari bahwa itu membuat orang tersinggung.

“Kami mendapat banyak email dari Muslim di Amerika dan di seluruh dunia yang mengatakan mereka tersinggung, tetapi itu bukan maksud kami,” kata penyanyi utama Miles Michaud. “Kami balas email-email itu dan kami jelaskan mengapa kami memilih nama tersebut, dan umumnya mereka memahami.” [ds]

XS
SM
MD
LG