Tautan-tautan Akses

Rickshaw Republic, Restoran Indonesia di Chicago


Rickshaw Republic, Restoran Indonesia di Chicago
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:49 0:00

A woman walks through an almost empty pedestrian street in Moscow, Russia. President Vladimir Putin ordered most Russians to stay off work until the end of April as part of a partial economic shutdown to stymie the spread of the coronavirus.

“Rickshaw Republic” adalah restoran Indonesia yang dikelola Oscar Setiawan dan keluarga sejak tahun 2013 di Chicago. ‘Rijsttafel’ yang berisi aneka ragam makanan khas Indonesia adalah menu primadona di restoran tersebut,

Oscar mengatakan selain risjttafel masih banyak menu Indonesia lainnya. “Kebanyakan yang kita feature itu adalah resep-resep mama saya yang adalah orang Palembang dan juga besarnya di Jakarta,” kata Oscar.

Orang tua Oscar sebelumnya memiliki restoran Indonesia di Boston. Ia meyakinkan mereka untuk menjualnya dan membuka restoran “Rickshaw Republic” di Chicago. Restoran ini mengusung konsep ‘fine casual’ yang mencoba memadukan kekayaan budaya dan kuliner Indonesia.

“Kita tetapkan business plan kita, dan menyebutnya sebagai theme restaurant, di mana orang datang ke sini, mereka tahu bahwa ini bukan cuma restoran yang menyediakan makanan, tetapi restoran yang menampilkan kekayaan Indonesia kepada pelanggan dan tamu kami, jadi mereka bisa merasakan Indonesia di Chicago,” tutur Oscar.

Dekorasi restoran ini juga menggunakan ikon-ikon Indonesia yang menimbulkan rasa ingin tahu pengunjung restoran tentang Indonesia. Oscar pun membidik pangsa pasar para foodie lokal yang mau mencoba sesuatu yang baru dan unik.

Salah seorang pengunjung restoran ini, William Debbrn, mengaku suka dengan makanan yang disajikan karena tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Restoran ini juga membidik warga Amerika yang pernah mengenal Indonesia secara budaya ataupun kuliner. Patricia Kendall, yang pernah menetap di Jakarta pada akhir tahun 90an, mengaku senang ketika restoran ini dibuka di Chicago. “Selama ini tidak pernah ada restoran Indonesia di Chicago dan saya senang sekali dengan rendang dan nasi goreng, enak sekali,” ujarnya.

Walaupun agak disesuaikan dengan selera lokal, makanan yang disajikan di “Rickshaw Republic” selalu dibuat tanpa memakai bumbu instan atau bumbu jadi, untuk mempertahankan otensitasnya.

“Kalau kita bisa dibilang, ada beberapa orang yang bilang, bahwa kita adalah duta lokal untuk Indonesia, dalam hal memperkenalkan makanan dan budaya Indonesia.

“Rickshaw Republic” nampaknya sukses mengusung konsep ini, hingga permintaan pelanggan pun datang untuk membuka cabang di daerah pinggiran kota Chicago. [dw]

XS
SM
MD
LG