Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Romania Protes Sistem Peradilan, Perombakan Pajak


Para demonstran turun ke jalan utama memprotes perubahan pajak dan sistem peradilan di Bucharest, Romania, 26 November 2017.

Ribuan orang berdemonstrasi di ibu kota Romania dan kota-kota besar lain, Minggu (26/11), menentang rencana perubahan pada sistem peradilan, yang menurut mereka akan memungkinkan korupsi tingkat tinggi luput dari hukuman dan perombakan pajak yang bisa mengurangi upah.

Para demonstran sempat bentrok dengan polisi di Bucharest. Mereka menyebut Partai Demokratik Sosial yang berkuasa dengan sebutan "wabah merah," merujuk Partai Komunis, akar dari Partai Demokratis Sosial. Merah juga salah satu warna partai itu.

Ribuan orang turun ke jalan di Kota Cluj, Timisoara, Iasi, Brasov, Sibiu dan Constanta, untuk menyuarakan kemarahan mereka terhadap pemerintahan sayap kiri. Di Bucharest, ribuan orang berpawai ke gedung parlemen Romania.

Demonstrasi pada Minggu itu adalah yang terbesar sejak protes-protes anti-korupsi besar-besaran pecah awal tahun ini, yang terbesar sejak jatuhnya komunisme di Romania. Media melaporkan puluhan ribu turun ke jalan-jalan di seluruh negara itu, namun belum ada jumlah resmi. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG