Tautan-tautan Akses

1.300 Pejabat Rumania Tersangkut Kasus Korupsi Tahun Lalu


Laura Kovesi Codruta, Kepala badan anti-korupsi Rumania, berbicara di Bukares (foto: dok).

Kepala tim jaksa anti-korupsi Rumania hari Kamis (23/2) mengatakan hampir 1.300 pejabat diadili tahun lalu di Rumania karena kasus-kasus korupsi, dengan total kerugian mencapai 260 juta euro atau sekitar 273 juta dolar.

Laura Kovesi Codruta yang mengepalai badan anti-korupsi Rumania mengatakan kasus-kasus korupsi tingkat tinggi yang ditangani badan itu tahun lalu mencakup keterlibatan tiga menteri, 17 anggota parlemen, 16 hakim dan 20 pejabat perusahaan milik negara (BUMN).

Kovesi – yang menyampaikan laporan tahunan badan pimpinannya pada para hakim senior dan jaksa di National Military Circle di pusat kota Bukares – mengatakan bahwa tim jaksa membutuhkan aturan hukum baru untuk melaksanakan tugasnya.

Bulan lalu pemerintah mengeluarkan dekrit yang akan mendekriminalisasi perilaku para pejabat. Dekrit ini memicu perdebatan sengit dan demonstrasi anti-korupsi selama berminggu-minggu. Perdana Menteri Sorin Grindeanu akhirnya membatalkan dekrit tersebut.

Kovesi mengatakan, “Kami ingin memberantas korupsi tetapi diperlukan upaya berkesinambungan oleh badan legislatif yang stabil dan kerangka kerja institusional.”

Ia menambahkan satu dari empat kasus yang ditangani badannya adalah soal pelanggaran jabatan. [em/al]

XS
SM
MD
LG