Tautan-tautan Akses

Ribuan Warga Israel Kembali Turun ke Jalan, Protes Perombakan Sistem Peradilan


Sejumlah warga Israel turun ke jalan di Tel Aviv memprotes rencana pemerintah merombak sistem peradilan negara tersebut pada 29 Juli 2023. (Foto: AP/Tsafrir Abayov)
Sejumlah warga Israel turun ke jalan di Tel Aviv memprotes rencana pemerintah merombak sistem peradilan negara tersebut pada 29 Juli 2023. (Foto: AP/Tsafrir Abayov)

Ribuan warga Israel turun ke jalan di Tel Aviv pada Sabtu (29/7) malam dalam aksi unjuk rasa akhir pekan ke-30 guna memprotes keputusan pemerintah untuk menerapkan perubahan dalam sistem peradilan negara tersebut.

Protes pada hari Sabtu di Kaplan Square itu berlangsung menyusul persetujuan undang-undang penting pertama dalam rencana tersebut oleh parlemen Israel pada Senin (24/7) lalu.

Koalisi yang berkuasa pimpinan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu memutuskan perihal tersebut dengan suara bulat setelah pihak oposisi melakukan aksi walk-out.

Sekutu Netanyahu merayakan kemenangan itu dan berjanji untuk terus maju dengan lebih banyak perubahan. Namun, ribuan pengunjuk rasa di Yerusalem dan Tel Aviv, serta para aktivis mengatakan mereka akan mengajukan tentangan dan membawa undang-undang baru tersebut ke Mahkamah Agung.

Netanyahu, yang telah diadili selama hampir tiga tahun karena tuduhan korupsi, dan sekutu-sekutu politiknya, mengatakan reformasi peradilan diperlukan untuk mengendalikan Mahkamah Agung yang “terlalu banyak campur tangan” dan mengembalikan kekuasaan kepada pejabat terpilih.

Namun, para penentang mengatakan bahwa rencana pemerintah untuk merombak sistem peradilan itu akan merusak sistem check and balance (saling mengontrol dan menjaga keseimbangan antara lembaga-lembaga negara) di Israel. [lt/ft]

Forum

XS
SM
MD
LG