Tautan-tautan Akses

Ribuan Tentara AS Tolak Vaksinasi COVID-19


Seorang perawat dari unit medis Hickam 15th Medical Group menyuntikkan vaksin dalam vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)
Seorang perawat dari unit medis Hickam 15th Medical Group menyuntikkan vaksin dalam vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)

Ribuan tentara Amerika Serikat menolak atau menunda vaksinasi COVID-19. Sementara para komandan bekerja keras untuk menangkal rumor di Internet dan menemukan cara yang tepat untuk meyakinkan pasukan untuk segera divaksinasi.

Mengutip laporan kantor berita Associated Press, di beberapa unit Angkatan Darat, hanya sepertiga personel yang setuju untuk divaksinasi. Para pemimpin militer yang mencari jawaban, yakin bahwa mereka telah mengidentifikasi satu hal yang meyakinkan: rencana penugasan.

Para pelaut di kapal-kapal Angkatan Laut yang mulai berlayar minggu lalu, misalnya, memilih untuk divaksinasi. Tingkat vaksinasi di kelompok tersebut mencapai lebih dari 80 persen hingga 90 persen

Mayor Jenderal Angkatan Udara Jeff Taliaferro, wakil direktur operasi untuk Staf Gabungan, mengatakan kepada Kongres, seperti dikutip Associated Press, Rabu (17/2), bahwa "data yang sangat awal" menunjukkan bahwa hanya hingga dua pertiga dari anggota Militer menerima vaksin yang ditawarkan.

Rasio ini lebih tinggi dari pada populasi umum menurut survei terbaru oleh Kaiser Family Foundation, rasionya sekitar 50 persen. Namun, banyaknya pasukan yang menolak untuk divaksinasi sangat mengkhawatirkan, karena para tentara seringkali tinggal, bekerja dan bertempur di lingkungan yang terkadang sulit untuk menjaga jarak aman dan mengenakan masker.

Perlawanan para personel juga muncul saat tentara juga dikerahkan untuk melakukan vaksinasi di pusat-pusat vaksinasi di AS dan ketika para pemimpin mengharapkan militer Amerika Serikat memberi contoh bagi bangsa.

“Kami masih berusaha mencari pesan apa yang akan disampaikan dan bagaimana kami mempengaruhi orang agar mau divaksinasi," kata Brigjen. Edward Bailey, Ahli bedah di Komando Angkatan Darat.

Unit medis militer Hickam 15th Medical Group, menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)
Unit medis militer Hickam 15th Medical Group, menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)

Ia mengatakan bahwa di beberapa unit hanya 30 persen yang setuju divaksinasi, sementara yang lain antara 50 persen hingga 70 persen. Komando Pasukan mengawasi unit-unit utama di Angkatan Darat, yang terdiri dari sekitar 750 ribu tentara, personel cadangan, dan Garda Nasional di 15 pangkalan.

Bailey mengatakan bahwa di Fort Bragg, North Carolina, di mana ribuan tentara sedang menyiapkan penugasaan, tingkat penerimaan vaksin sekitar 60 persen. "Angka ini tidak sebanyak ekspektasi kami terhadap personel lini depan,” kata Bailey

Bailey mendengar semua alasannya.

"Saya pikir hal paling menarik yang saya dengar adalah, 'Angkatan Darat selalu memberi tahu saya apa yang harus saya lakukan. Mereka memberi saya kesempatan untuk memilih, jadi saya mengatakan tidak,’” kata Bailey

Para pemimpin militer dengan aktif berkampanye untuk kegiatan vaksinasi tersebut. Mereka menggelar pertemuan, mengirim pesan tertulis kepada para pasukan, mendistribusikan data ilmiah, mengunggah video, dan bahkan mengunggah foto para pemimpin yang divaksinasi.

Pentagon bersikeras selama beberapa minggu dan tidak pernah tahu berapa banyak tentara yang menolak vaksinasi tersebut. Pada Rabu (17/2), mereka tak banyak membagikan data awal.

Namun, pejabat dari berbagai departemen militer mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Associated Press bahwa persentase penolakan sangat bervariasi, tergantung pada usia, pasukan, lokasi, status penempatan, dan aset tak berwujud lainnya dari personel dinas.

Unit medisHi ckam 15th Medical Group, menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)
Unit medisHi ckam 15th Medical Group, menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pangkalan Gabungan Harbor-Hickam, 9 Februari 2021. (Foto: Departemen Pertahanan AS via AP)

Perubahan ini menyulitkan para pemimpin untuk menentukan vaksin mana yang paling persuasif. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS telah mengesahkan penggunaan darurat vaksin, jadi ini bersifat sukarela. Namun pejabat departemen pertahanan mengatakan mereka berharap segera berubah.

"Kami belum bisa mewajibkan vaksinasi," kata Wakil Laksamana Andrew Lewis, komandan Armada ke-2 Angkatan Laut, pekan lalu. "Saya bisa bilang bahwa kami mungkin akan mewajibkan ini sesegera mungkin, seperti yang kami lakukan dengan vaksin flu."

Baru-baru ini, sekitar 40 Marinir berkumpul di ruang konferensi di California untuk menerima informasi dari staf medis. Seorang perwira mengatakan para marinir lebih nyaman mengajukan pertanyaan tentang vaksin dalam kelompok yang lebih kecil. Perwira itu berbicara tanpa mengungkap identitas karena dia tidak berwenang untuk membahas pembicaraan tertutup kepada umum.

Petugas tersebut mengatakan seorang Marinir, mengutip teori konspirasi yang salah dan beredar luas. Marinir itu mengatakan: "Saya mendengar bahwa barang ini sebenarnya adalah alat pelacak." Staf medis mengatakan bahwa perwira itu segera menyanggah teori tersebut dan menunjuk ke ponsel milik si Marinir dan berkata bahwa itu adalah pelacak yang efektif.

Pertanyaan umum lainnya tentang kemungkinan efek samping atau masalah kesehatan termasuk efek terhadap perempuan hamil. Para pejabat Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara mengatakan mereka mendengar hal yang sama.

Korps Marinir adalah satuan yang relatif kecil, biasanya tentara yang bertugas usianya lebih muda. Sama halnya dengan masyarakat umum, para personel militer muda cenderung menolak atau meminta untuk menunda. Komandan militer mengatakan bahwa dalam banyak kasus, tentara muda mengatakan mereka pernah mengidap virus corona atau diketahui mengidap virus corona. Namun, mereka menyimpulkan bahwa hal itu bukan pengalaman yang buruk.

“Yang tidak mereka lihat adalah bahwa remaja berusia 20 tahun yang benar-benar sakit parah, dirawat di rumah sakit atau meninggal, atau orang-orang yang tampaknya baik-baik saja, tetapi ternyata mereka punya kelainan dengan kondisi paru-paru dan jantung,” kata Bailey.

Penugasan menjadi secercah harapan.

Lewis, yang berbasis di Norfolk, Virginia, mengatakan pekan lalu bahwa para pelaut di USS Dwight D. Eisenhower, yang beroperasi di Atlantik, setuju untuk divaksinasi dengan tingkat vaksinasi mencapai 80 persen. Tingkat vaksinasi di antara para pelaut di USS Iwo Jima dan Marinir di Unit Ekspedisi Marinir ke-24, yang juga sedang dalam penugasan, mencapai 90 persen. [na/ft]

XS
SM
MD
LG