Tautan-tautan Akses

Ribuan Pendukung Persatuan Spanyol Unjuk Rasa di Barcelona


Ribuan orang yang mendukung persatuan Spanyol berdemo di Barcelona hari Minggu (4/3).

Ribuan orang yang mendukung persatuan Spanyol berdemo hari Minggu (4/3) di Barcelona untuk mendukung kelompok masyarakat awam yang mengolok-olok gerakan separatis Catalonia.

Kelompok tersebut, "Platform for Tabarnia", secara mengejek menyerukan pemisahan kota Barcelona dan Tarragona dari Catalonia - sehingga tetap berada dalam negara Spanyol sementara Catalonia menuntut pemisahan diri.

Dengan slogan "lelucon ini sudah berakhir - hidup Tabarnia", sebanyak 15.000 orang Spanyol yang mendukung kesatuan melambaikan bendera Spanyol dan bendera fiktif Tabarnia turun ke jalan-jalan di Barcelona.

Kelompok ini juga meneriakkan slogan, "Barcelona bukan Catalonia", sebuah plesetan terkait slogan separatis, "Catalonia bukan Spanyol".

Kerusuhan politik telah mengguncang Catalonia karena tidak berhasil memisahkan diri dari Spanyol pada bulan September. Partai-partai kemerdekaan mendapat mayoritas tipis di negara bagian itu setelah pemilihan bulan Desember, namun pemimpinnya, Carles Puigdemont, mengasingkan diri ke Brussels, sementara mantan pemimpin lainnya dipenjara. [as/ii]

XS
SM
MD
LG