Tautan-tautan Akses

Ribuan Berpawai dalam Parade Gay Pride Pertama Bosnia


Para peserta pawai hak-hak asasi kaum gay yang digelar untuk pertama kali di Sarajevo, Bosnia dan Herzegovina, Minggu, 8 September 2019. (Foto: Reuters)

Lebih dari 2.000 orang -- termasuk Duta Besar AS dan beberapa diplomat Barat lain -- ikut mengikuti pawai hak-hak asasi kaum LGBT atau gay pride yang untuk pertama kali digelar di Sarajevo, Bosni, Minggu (8/9).

Kegiatan itu dijaga oleh polisi anti huru-hara dan pasukan keamanan lain yang tak kalah jumlahnya setelah para Muslim konservatif dan kelompok-kelompok agama lainnya mendesak pawai itu dibatalkan.

Para peserta pawai mengibarkan bendera pelangi yang melambangkan gay pride universal, menabuh drum, dan meneriakkan seruan.

"Kami menuntut masyarakat bersatu melawan kekerasan, kebencian, isolasi dan homofobia," kata salah seorang peserta sementara yang lainnya mengecam belum diakuinya secara resmi hubungan sesama jenis di Bosnia."

Meskipun pemerintah Bosnia melarang diskriminasi berdasarkan orientasi seksual, pernikahan sipil dan hak-hak lain seperti adopsi masih belum diizinkan secara resmi. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG