Tautan-tautan Akses

Pawai LGBT Pride di Amsterdam Tampilkan Kapal-kapal Hias


Para peserta pawai hak-hak LGBT di Amsterdam atau Amsterdam Pride Parade di Amsterdam, Belanda, 3 Agustus 2019. (Foto: AP)
Para peserta pawai hak-hak LGBT di Amsterdam atau Amsterdam Pride Parade di Amsterdam, Belanda, 3 Agustus 2019. (Foto: AP)

Puluhan ribu orang memadati sebuah kanal di Amsterdam untuk menyaksikan parade kapal hias dalam festival pawai perayaan hak-hak LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender) atau pride parade di Ibu Kota Belanda itu.

Penyelenggara mengatakan sekitar 80 kapal mengikuti parade kanal pada Sabtu (3/8), termasuk perwakilan polisi dan militer.

Sebuah kapal yang mewakili komunitas LGBT Tokyo juga ikut serta, sekaligus untuk menyambut Olimpiade musim panas tahun depan di Jepang.

Parade tahunan itu adalah puncak dari perhelatan Pride Amsterdam, yang berakhir Minggu (4/8). Tahun ini, tema dari festival yang berlangsung sembilan hari adalah "Kenang masa lalu, ciptakan masa depan."

Seperti halnya di seluruh dunia, pawai pride di Amsterdam musim panas ini diadakan 50 tahun setelah polisi menggerebek sebuah bar gay di New York, Stonewall Inn, memicu kerusuhan dan memulai gerakan hak-hak kaum gay modern. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG