Tautan-tautan Akses

AS

500 Ribu Orang di Oregon Dipaksa Mengungsi dari Kebakaran Hutan 


Warga menyaksikan dari jauh asap dan api kebakaran hutan di sebuah bukit dekat Kota Medford, Oregon, 9 September 2020.

Dinas Penanggulangan Bencana Oregon mengatakan lebih dari 500 ribu orang di Oregon atau sekitar 1 dari 10 orang dipaksa mengungsi dari rumah dan kota mereka karena satu dari 100 kebakaran besar hutan terjadi di negara bagian itu.

Di negara bagian itu, kebakaran hutan menewaskan setidaknya empat orang dalam 48 jam terakhir, menghancurkan ribuan rumah dan membakar 365.000 hektare. Beberapa kota di Oregon dan satu kota hancur di negara bagian Washington.

Kepala Polisi Ashland, Tighe O’Meara mengatakan polisi mulai melakukan penyelidikan atas kemungkinan faktor kesengajaan dalam kebakaran Almeda, yang dimulai di Ashland, Oregon, dekat perbatasan dengan negara bagian California. Api dengan cepat menjalar ke utara dan menghancurkan sekitar 600 rumah di kota-kota di utara Ashland.

Dua kebakaran terbesar di Oregon diperkirakan akan bersatu di kota terbesar di bagian tenggara Oregon, Portland.

Kepala Deputi Dinas Pemadam Kebakaran Oregon Mariana Ruiz Temple mengatakan dia membahas kemungkinan mengevakuasi penduduk dari beberapa bagian wilayah Portland dengan otoritas lokal. Dia mengatakan semuanya akan tergantung pada arah dan kekuatan angin.

"Kita belum pernah dilanda kebakaran yang tidak terkendali sebesar ini," kata Gubernur Oregon Kate Brown pada konferensi pers.

Di California, kebakaran hutan terus melanda seluruh negara bagian itu, Kamis (10/9), menewaskan sedikitnya tiga orang, menghancurkan ratusan rumah serta membakar lebih dari satu juta hektar. Area yang terbakar ini jauh lebih banyak daripada yang terbakar tahun lalu.[ka/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG