Tautan-tautan Akses

Angin Kencang Terus Ancam Kebakaran Hutan Baru di California


Anggota pemadam kebakaran berjalan dalam antrean saat terjadi kebakaran di Yucaipa, California, Sabtu, 5 September 2020. (Foto: AP)
Anggota pemadam kebakaran berjalan dalam antrean saat terjadi kebakaran di Yucaipa, California, Sabtu, 5 September 2020. (Foto: AP)

Kebakaran hutan masih berkecamuk tak terkendali di California hari Rabu (9/9), dan angin kencang dapat membuat kobaran api semakin besar, sebut pihak berwenang.

Angin Diablo di bagian utara California dan Santa Ana di bagian selatan diramalkan terjadi hingga Rabu (9/9), sementara kebakaran hutan yang terjadi sekarang ini berkembang tak terkendali.

Pada hari Selasa, 14 petugas terpaksa dibawa ke tempat-tempat perlindungan darurat sewaktu kobaran api mengepung mereka dan menghancurkan Nacimiento Station, sebuah pos pemadam di Hutan Nasional Los Padres di pesisir tengah California, sebut Dinas Kehutanan AS. Mereka menderita karena luka bakar dan menghirup asap, dan tiga di antara mereka diterbangkan ke sebuah rumah sakit di Fresno, di mana seorang di antaranya dalam keadaan kritis.

Dalam dua hari terakhir, helikopter-helikopter digunakan untuk menyelamatkan warga yang terperangkap di Hutan Nasional Sierra yang terbakar, di mana Creek Fire – nama kebakaran yang terjadi di kabupaten Fresno dan sekitarnya - telah menghancurkan 365 bangunan, termasuk sedikitnya 45 rumah, dan 5.000 bangunan lainnya terancam, kata para petugas pemadam.

Kebakaran juga mengancam kawasan Auberry di antara Lake Shaver dan Fresno.

Di California Selatan, kebakaran terjadi di kabupaten Los Angeles,San Bernardino dan San Diego. Pakar cuaca memperkirakan kedatangan angin Santa Ana yang ganas di kawasan itu. Angin panas dan kering itu dapat mencapai kecepatan 80 kilometer per jam, sebut para pakar cuaca.

Warga di enam komunitas di kawasan lereng perbukitan di sebelah timur Los Angeles diminta untuk tetap waspada karena kebakaran di Hutan Nasional Angeles.

Dinas Cuaca Nasional memperingatkan bahwa kombinasi angin kencang, udara sangat kering, dan vegetasi kering akan menciptakan bahaya kebakaran.

Dinas Kehutanan AS hari Senin memutuskan untuk menutup seluruh delapan hutan nasional di bagian selatan California dan menutup lokasi-lokasi perkemahan di seluruh negara bagian itu. Lebih dari 14 ribu petugas berupaya memadamkan kebakaran.

California telah mencatat rekor dengan hampir 930.800 hektare lahan terbakar tahun ini, melampaui rekor terdahulu yang tercatat dua tahun silam. [uh/ab]

XS
SM
MD
LG