Tautan-tautan Akses

'American Hustle', 'Gravity' Pimpin Perolehan Nominasi Oscar


Dari kiri, Chris Hemsworth dan Presiden AMPAS Cheryl Boone Isaacs mengumumkan nominasi Academy Awards ke-86, Kamis (16/1) di Beverly Hills, California.
Dari kiri, Chris Hemsworth dan Presiden AMPAS Cheryl Boone Isaacs mengumumkan nominasi Academy Awards ke-86, Kamis (16/1) di Beverly Hills, California.

Pemenang tahun ini akan diumumkan dalam upacara yang dipandu oleh komedian Ellen DeGeneres di Los Angeles, 2 Maret mendatang.

Film mengenai sekelompok penipu, "American Hustle" dan thriller luar angkasa "Gravity" memimpin perolehan nominasi Oscar dengan masing-masing 10 nominasi, Kamis, termasuk untuk kategori Film Terbaik.

Drama mengenai perbudakan di Amerika "12 Years of Slave" menerima sembilan nominasi, juga untuk Film Terbaik.

Termasuk dalam nominasi untuk Aktor Utama Terbaik adalah Matthew McCounaghey untuk film "Dallas Buyers Club," Chiwetel Ejiofor untuk "12 Years a Slave," Leonardo DiCaprio untuk "The Wolf of Wall Street", dan Christian Bale untuk American Hustle.

Sementara untuk kategori Aktris Utama Terbaik, termasuk dalam nominasi adalah Amy Adams untuk "American Hustle," Judi Dench untuk "Philomena", Sandra Bullock untuk "Gravity," dan Meryl Streep untuk perannya "August: Osage County".

Dua aktor keturunan Afrika mendapat nominasi untuk kategori Aktor Pendukung. Mereka adalah Lupita Nyong'o dari Kenya untuk "12 Years a Slave" dan aktor kelahiran Somalia Barkhad Abdi untuk perannya sebagai perompak di film "Captain Phillips."

Sementara itu, masuk sebagai nominasi Film Dokumenter Feature terbaik, film "The Act of Killing" (Jagal) arahan sutradara Joshua Oppenheimer mengenai pembantaian massal mereka yang diduga sebagai teroris pasca era Soekarno tahun 1965. Film ini akan bersaing dengan empat film lainnya, "Cutie and the Boxer," "Dirty Wars," "The Square" dan "20 Feet from Stardom."

Penghargaan Academy Awards yang lebih dikenal dengan sebutan Oscar dianugerahkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences, dan pemenang tahun ini akan diumumkan dalam upacara yang dipandu oleh komedian Ellen DeGeneres di Los Angeles, 2 Maret mendatang.
XS
SM
MD
LG