Tautan-tautan Akses

Vietnam Evakuasi Turis dari Kawasan Terpapar Covid-19


Staf Pusat Pengendalian Penyakit Vietnam (kanan) membantu para penumpang saat antre pemeriksaan suhu di terminal keberangkatan bandara internasional Danang, 27 Juli 2020. (Foto oleh Hoang Khanh / AFP)

Vietnam mengevakuasi turis dari kawasan Danang setelah beberapa orang di sana positif terjangkit Covid-19. Sementara itu, banyak pemerintah negara-negara di berbagai penjuru dunia masih terus berusaha menghentikan penyebaran virus yang telah menewaskan hampir 650 ribu orang itu.

Sebuah pernyataan pemerintah Vietnam menyebutkan evakuasi 80 ribu orang, kebanyakan turis lokal, akan berlangsung sedikitnya empat hari. Negara itu masih tertutup bagi turis asing.

Vietnam hari Sabtu (25/7) melaporkan kasus penularan lokal pertamanya sejak April, yang membuat pemerintah dalam kesiagaan tinggi.

Di Australia, pihak berwenang di negara bagian Victoria melaporkan rekor 532 kasus baru hari Senin (27/7) dan memperingatkan lockdown di sana dapat diperpanjang melebihi rencana awalnya selama enam pekan.

PM Victoria Daniel Andrews menyatakan sekarang ini terlalu banyak orang yang dengan alasan apapun pergi bekerja meski memiliki gejala terjangkit virus corona. “Ini tidak dapat dibiarkan. Kalau tidak, restriksi-restriksi ini akan diberlakukan lebih lama daripada yang seharusnya,” lanjutnya.

Daerah-daerah lainnya di Australia praktis bebas dari kasus baru virus corona terkonfirmasi, dengan Victoria dan negara bagian tetangganya, New South Wales menyumbang hampir semua kasus baru.

AS memimpin di dunia dengan lebih dari 4,2 juta kasus virus corona terkonfirmasi. Menurut statistik Johns Hopkins University, pada hari Minggu (26/7), Amerika menambah 55 ribu kasus baru dan lebih dari 500 kematian.

Florida, yang termasuk di antara negara bagian dengan lonjakan kasus baru terbanyak dalam sebulan terakhir, menambahkan 9.300 kasus baru pada hari Minggu, membuatnya sebagai negara bagian dengan jumlah kasus terbanyak ke-dua di Amerika. California, yang memiliki populasi jauh lebih banyak, berada di tempat teratas. Di bawah Florida adalah New York dan Texas.

Para pakar kesehatan menyalahkan lonjakan dalam jumlah kasus ini pada bisnis dan tempat-tempat atraksi umum yang dibuka terlalu cepat, dan tidak cukup banyak orang yang mengenakan masker serta menjaga jarak.

Tim bisbol Miami Marlins menangguhkan keberangkatannya dari kota Philadelphia hari Minggu sementara tim tersebut berusaha menanggulangi wabah dengan beberapa pemain yang hasil tes virus corona mereka ternyata positif.

Marlins akan menuju ke Baltimore hari Senin beberapa jam sebelum awal pertandingan mereka dijadwalkan berlangsung di sana. Manajer Marlins Don Mattingly mengatakan para pemain yang dinyatakan positif akan tetap berada dalam karantina di Philadelphia.

“Tidak ada yang dapat kami lakukan. Ini di luar kendali kami. Kami hanya dapat melakukan yang terbaik dengan mengenakan masker dan menjaga jarak dan berharap yang terbaik,” kata pitcher Marlins Robert Dugger.

Musim pertandingan Liga Utama Bisbol 2020 dimulai pekan lalu, mundur tiga bulan daripada jadwal, dan akan menggelar 60 pertandingan, bukan 162 seperti biasanya. Banyak di antara 30 tim peserta liga itu yang telah melaporkan beberapa pemain mereka terbukti positif terjangkit Covid-19. [uh/ab]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG