Tautan-tautan Akses

AS

Rektor Liberty University Mundur di Tengah Tuduhan Perselingkuhan Istri


Pendeta Jerry Falwell Jr.(kanan) bersama istrinya, Becki, dalam sebuah acara Liberty University di Lynchburg, Va., 28 November 2018.

Seorang pejabat Liberty University mengatakan Jerry Falwell Jr mundur dari jabatannya sebagai rektor universitas milik umat evangelis Amerika, pada Senin (24/8). Falwell mundur di tengah tuduhan istrinya berhubungan seks dengan seorang mitra bisnis yang jauh lebih muda.

Pejabat yang tidak mau disebutkan namanya itu mengatakan pengumuman resmi akan dirilis kemudian pada Senin.

Falwell Jr. saat ini sedang “cuti panjang” sebagai rektor Liberty University. Dalam pernyataannya, Falwell mengatakan dia sedang mencari bantuan untuk mengatasi “penderitaan emosional” akibat skandal istrinya dengan pria yang katanya kemudian mengancam keluarganya.

Falwell menerbitkan sebuah pernyataan panjang di harian The Washington Examiner pada Minggu (23/8), memaparkan skandal itu. Falwell mengatakan pria itu mengancam akan membeberkan hubungan skandal itu dan sengaja hendak “mempermalukan istri, keluarga saya, dan Liberty University kecuali kalau kami bersedia memberinya sejumlah uang.”

“Dalam beberapa bulan terakhir perilaku orang ini sudah mencapai tingkatan di mana kami memutuskan bahwa satu-satunya cara untuk menghentikan perilaku predatoris ini adalah mengungkapkan kepada publik,” kata Falwell dalam pernyataan itu, yang diberikan kepada Associated Press, Senin (24/8).

Jerry Falwell adalah seorang pendukung awal dan kuat Presiden Donald Trump. Dia mengambil “cuti panjang” sejak awal Agustus sebagai rektor dan kanselir universitas di Lynchburg, Virginia dan didirikan oleh ayahnya, Pendeta Jerry Fallwell Sr.

Keputusan itu diambil setelah kegemparan terjadi yang dipicu oleh sebuah foto di sosial media. Dalam foto itu dia memeragakan dirinya dengan celana yang ritsletingnya terbuka, tampak bagian perut, dan lengannya melingkari pinggang seorang perempuan yang bukan istrinya.

Kata Falwell foto itu dibuat di sebuah pesta kostum ketika berlangsung liburan keluarga. [jm/pp]

XS
SM
MD
LG