Tautan-tautan Akses

15 Tewas, 10 Cedera Berebut Bantuan Pangan di Maroko


Kota Sidi Boulaalam terletak 145 kilometer di selatan/barat daya Rabat (foto: ilustrasi).

Sedikitnya 15 tewas dan 10 cedera karena berdesak-desakan untuk memperebutkan bantuan pangan di sebuah desa di Maroko hari Minggu (19/11), kata pihak berwenang.

Insiden itu terjadi di kota Sidi Boulaalam, ketika sebuah asosiasi setempat sedang membagi-bagikan makanan di sebuah pasar, kata Kementerian Dalam Negeri dalam pernyataan.

Kota itu terletak di provinsi Essaouira, dekat pantai Atlantik sebelah barat daya Casablanca.

Raja Mohammed VI menginstruksikan agar “semua upaya dilakukan untuk membantu para korban dan keluarga mereka,” kata kementerian itu. Raja akan membayar biaya perawatan rumah sakit para korban luka-luka dan biaya pemakaman korban tewas, kata pernyataan itu.

Alyaoum24.com, sebuah situs lokal terpercaya, melaporkan bahwa orang-orang berdesak-desakan memperebutkan bantuan makanan yang bernilai sekitar 16 dolar per orang.

Direktur kesehatan regional Khalid Zenjari mengatakan kepada Associated Press bahwa enam dari korban luka-luka dievakuasi ke kota Essaouira, sekitar 60 kilometer jauhnya, sedangkan empat lainnya dirawat di fasilitas setempat.

Bagi-bagi bantuan pangan biasa dilakukan di negara Afrika Utara itu, terutama di wilayah terpencil. Bantuan itu diorganisir oleh sponsor-sponsor swasta dan organisasi-organisasi serta pihak berwenang. [vm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG