Tautan-tautan Akses

Ratusan Ribu Orang Ikut Parade Global Hak Asasi Gay di Madrid


Para peserta ikut serta dalam parade pro-LGBT, World Pride, di Madrid, Spanyol, 1 Juli 2017 (foto: REUTERS/Juan Medina)

Ratusan ribu orang turut dalam demonstrasi, di tengah ketatnya keamanan, hak gay global di Madrid, Spanyol hari Sabtu.

Di tengah ketatnya keamanan, ratusan ribu orang turut dalam demonstrasi hak gay global di Madrid, Spanyol, hari Sabtu.

Aksi itu diperkirakan diikuti antara 1 juta dan 2 juta orang yang berdemonstrasi demi hak-hak gay, lesbian, biseksual dan trans-gender, ujar penyelenggara dan pihak berwenang. Pejabat kota Madrid mengatakan "ratusan ribu orang" turun ke jalan-jalan, menari, bersorak atau menonton parade. Pejabat tidak merilis jumlah resmi Sabtu malam.

Pertemuan itu, yang dipimpin partai-partai politik besar Spanyol, merupakan puncak festival World Pride 2017, selama 10 hari, yang berakhir hari Minggu.

Parade mencakup 52 mobil pawai, dan perayaan selama beberapa jam. Berbagai kelompok dari beberapa negara, termasuk Amerika dan Inggris, ikut ambil bagian.

Acara itu akan diadakan di New York tahun 2019.

Walaupun polisi tidak mengidentifikasi ancaman teror khusus terkait parade itu, Eropa khawatir setelah beberapa serangan profil tinggi, seperti baru-baru ini terjadi di Inggris dan Perancis.

Ribuan petugas keamanan dikerahkan untuk parade tersebut.

40 Tahun setelah anggota komunitas gay mulai berpawai menuntut hak, Spanyol menjadi salah satu negara yang paling progresif untuk hak-hak gay. Pada tahun 2005, Spanyol menjadi negara ketiga - setelah Belanda dan Belgia – yang melegalkan pernikahan sesama jenis. [ka]

XS
SM
MD
LG