Tautan-tautan Akses

AS

Ratusan Ribu Mobil Rusak akibat Badai Harvey di Houston


Kawasan bisnis dan mobil-mobil terendam banjir akibat badai Harvey di kota Houston (29/8).

Lebih dari seminggu setelah topan Harvey melanda Houston, penderek mobil seperti Bryan Harvey terus mengangkut mobil dan truk yang terendam banjir ke dealer atau ke lapangan yang luas, di mana perusahaan asuransi dapat menaksir kerusakannya. Topan Harvey menewaskan sedikitnya 70 orang, menghancurkan atau merusak 200.000 rumah dan menyebabkan bencana alat transportasi di salah satu kota di Amerika yang paling tergantung pada mobil.

Wilayah Houston telah kehilangan ratusan ribu mobil, kata Michael Hartmann, Menejer Umum Toyota Don McGill di Katy, sebuah kota berpenduduk 17.000 orang, hampir 50 kilometer di barat Houston. Akibat mobil yang rusak karena banjir itu, warga Houston terpaksa menyewa, atau meminjam mobil atau bekerja dari rumah, jika mungkin. Sebagian mengalami nasib lebih buruk lagi: tidak dapat kembali bekerja sampai mereka mengatasi masalah transportasi, menghilangkan banyak pendapatan dan memperlambat pulihnya bisnis di kota itu.

Tidak banyak kota di Amerika bergantung pada mobil seperti Houston, dan badai Harvey mengakibatkan hujan lebat di wilayah tersebut, sehingga 500.000 sampai satu juta kendaraan rusak atau hancur.

Lebih dari 94 persen keluarga di Houston memiliki mobil, yang kedua setelah Dallas, kata konsultan Cox Automotive. Kota Houston bahkan kurang nyaman bagi pejalan kaki, pesepeda dan atau pengguna angkutan umum daripada di Los Angeles di mana banyak terdapat jalan bebas hambatan, menurut Walk Score, yang mempromosikan komunitas pejalan kaki.

Jalan raya dengan 14 jalur menghubungkan pusat kota Houston dengan daerah pinggirannya yang luas. Jalur-jalur masuk dan keluar jalan raya bertingkat lima di beberapa persimpangan , menyebabkan pengendara yang tidak biasa mengemudi dengan gaya Houston pusing.

Di luar pusat kota, deretan-deretan gedung perkantoran yang tinggi hanya bisa dicapai dengan kendaraan lewat jalan berlapis beton dan aspal.

"Mobil adalah segalanya di sini," kata Hartmann. "Mobil adalah bagian dari gaya hidup seseorang. Kebanyakan orang di daerah kami menempuh jarak 35 sampai 48 km dari rumah ke tempat kerja mereka," tambahnya.

Houston terbiasa dengan banjir. Tetapi belum pernah mengalami badai seperti Harvey, yang mencurahkan hujan sebanyak seperti selama satu tahun dalam waktu singkat ke daerah metropolitan. Jalan-jalan dan lingkungan yang terkena banjir membuat mobil terendam dan, dalam banyak hal, tidak bisa diselamatkan. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG