Tautan-tautan Akses

Ratu Elizabeth Resmi Restui Pernikahan Harry dan Meghan


Cendera mata pernikahan Pangeran Harry dar Inggris dengan tunangannya Meghan Markle, di sebuah toko di Windsor, Inggris, 4 Januari 2018.

Ratu Elizabeth dari Inggris memberikan restu secara resmi kepada cucu “kesayangannya” Pangeran Harry untuk menikah dengan tunangannya, artis Amerika, Meghan Markle, Reuters melaporkan, Kamis (15/3).

Dalam surat kepada Dewan Penasihat (Privy Council), badan penasihat formal kerajaan yang beranggotakan para politisi, hakim dan uskup, Ratu Inggris mengukuhkan restu atas pernikahan Pangeran Harry, yang berada di urutan kelima ahli waris takhta Kerajaan Inggris, dan Markle, bintang serial TV “Suits.”

Surat restu Ratu Inggris tertanggal Rabu, 14 Maret 2018.

Baca: Pangeran Harry dan Meghan Akan Naik Kereta Kuda Pada Hari Pernikahan

Pernikahan Harry dan Meghan, seperti enam pernikahan kerajaan sebelumnya yang berada di urutan langsung ahli waris takhta, harus disetujui oleh ratu. Hal ini sesuai dengan Undang-undang Suksesi Takhta 2013 yang mengganti undang-undang sebelumnya dari abad ke-18.

Tapi langkah ini lebih karena alasan formalitas. Sebelumnya, Ratu Elizabeth telah menyatakan kegembiraannya atas pertunangan pasangan tersebut. Elizabeth mengatakan akan menghadiri upacara pernikahan di kediamannya Kastil Windsor, di Barat London, pada 19 Mei.

Dia juga mengundang Markle menghadiri perayaan Natal bersama keluarga kerajaan di Sandringham, di timur Inggris.[ft]

XS
SM
MD
LG