Tautan-tautan Akses

Raja Arab Saudi Ganti Menteri Energi dengan Putranya


Menteri Energi Saudi, Khaled al-Falih (kanan) digantikan oleh Wakilnya, Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz (kanan), yang juga putra Raja Salman. (foto: dok).
Menteri Energi Saudi, Khaled al-Falih (kanan) digantikan oleh Wakilnya, Pangeran Abdulaziz bin Salman bin Abdulaziz (kanan), yang juga putra Raja Salman. (foto: dok).

Raja Arab Saudi Salman mengganti menteri energi negara itu dengan salah seorang putranya. Raja Salman mengumumkan nama Pangeran Abdulaziz bin Salman untuk duduk di salah satu posisi terpenting di negara itu, sementara harga minyak tetap di bawah nilai yang dibutuhkan untuk mengimbangi pengeluaran pemerintah.

Menteri Energi yang baru itu adalah saudara tiri Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Pangeran Abdulaziz menggantikan Khalid Al-Falih yang telah menjabat sejak tahun 2016.

Sebelum memangku jabatan itu Pangeran Abdulaziz sudah memiliki pengalaman di sektor energi Arab Saudi dan dinilai sebagai pilihan yang aman dan tepat untuk memimpin kementerian yang akan mengawasi produksi salah satu eksportir minyak terbesar di dunia. Ia telah menjabat beberapa posisi senior dalam Kementerian Energi selama lebih dari 30 tahun, dan terakhir sebagai Menteri Negara Urusan Energi.

Meskipun memiliki posisi penting untuk mengawasi portofolio energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz tidak dekat dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman, putra raja yang paling berkuasa dan dipersiapkan menjadi pewaris.

Penunjukkan Pangeran Abdulaziz menandai keberadaan seorang pangeran dari keluarg Al Saud, yang berkuasa memimpin kementerian energi yang strategis.

Langkah ini diambil ketika harga minyak mentah jenis Brent di bawah 60 dolar per barel, jauh di bawah kisaran 80-85 dolar per barel yang menurut para analis dibutuhkan untuk menyeimbangkan anggaran Arab Saudi. (em/jm)

XS
SM
MD
LG