Tautan-tautan Akses

AS

Rabu Pagi, Upacara Perlepasan Trump di Angkatan Udara AS


Presiden AS Donald Trump tampak di layar monitor saat merekam pidato perpisahan di Brady Press Briefing Room di Gedung Putih, Washington, Selasa, 19 Januari 2021. (Foto: AP Photo/Gerald Herbert)

Dalam video perpisahan yang dirilis pada hari terakhir masa jabatannya, Presiden Donald Trump menyampaikan doa dan harapan terbaik kepada penggantinya dari Demokrat, Joe Biden, tetapi tanpa menyebut namanya.

"Pekan ini, kita melantik pemerintahan baru dan berdoa agar berhasil dalam menjaga keamanan dan kemakmuran Amerika," kata Trump dalam video yang disiarkan lewat daring, 20 jam sebelum akhir masa kepresidenannya.

Dalam hampir 20 menit pidato yang direkam pada Senin (18/1), Trump memuji pemerintahannya karena telah menciptakan "ekonomi terbesar dalam sejarah dunia." Ia juga mengatakan, dirinya "sangat bangga menjadi presiden pertama dalam beberapa dasawarsa yang tidak memulai perang baru."

Sewaktu video itu dirilis di YouTube oleh Gedung Putih, sebuah jet pribadi yang membawa Presiden terpilih Biden mendarat di pangkalan AU Andrews di Maryland. Pangkalan ini akan menjadi tempat Trump dilepas dengan upacara terakhir pada Rabu (20/1) pagi. Presiden kemudian melakukan penerbangan terakhirnya dengan pesawat kepresidenan, Air Force One ke negara bagian Florida. [ps/pp]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG