Tautan-tautan Akses

Qatar Airways Beli 9.61% Saham Cathay Pacific


Pengunjung menaiki pesawat Boeing 777-200LR milik Qatar Airways dalam Dubai Airshow di Dubai, 14 November 2011. (Foto:Dok)

Maskapai penerbangan Qatar Airways mengatakan Senin (6/11) bahwa pihaknya telah setuju mengakusisi 9.61 psersen saham Cathay Pacific Airways.

Perusahaan asal Hong Kong, Kingboard Chemical Holdings mengatakan pihaknya sudah menjual menjual saham Cathay Pacific ke Qatar Airways senilai 5,16 miliar Hong Kong dolar (661 juta dolar). Dengan transaksi ini, maskapai penerbangan Timur Tengah menjadi pemegang saham terbesar ketiga di Cathay Pacific.

Dua pemegang saham terbesar lainnya adalah Swire Pacific yang memiliki 45 persen saham Cathay Pacific dan Air China yang menggenggam 30 persen kepemilikan.

Tanpa penerbangan domestik yang menyokong pendapatan, maskapai penerbangan di Asia seperti Cathay dan Singapore Airlines berjuang menghadapi persaingan dengan maskapai penerbangan China dan Timur Tengah. Cathay sudah memangkas 600 pekerja sejak Mei.

Bagi Qatar Airways, akusisi pertama maskapai penerbangan Asia akan membantu maskapai milik pemerintah Qatar ini untuk mendorong pengaruhnya di pasar global dan lalu lintas penerbangan melalui Doha di tengah krisis politik yang sudah bertahun-tahun antara negara-negara Arab Teluk.

Cathay tidak lagi bisa terbang ke Uni Emirat Arab dan Arab Saudi, pasar-pasar yang sebelumnya menguntungkan, karena pertikaian hak ruang udara antara negara-negara tetangga ini dan telah mencari investasi di tempat lain untuk memperluas jangkauannya.

American Airlines Grup menolak tawaran investasi Cathay Pacific awal tahun ini.

Meskipun dengan berbagai kesulitan yang dihadapi Cathay Pacific, Kepala Eksekutif Qatar Airways, Akbar al-Baker, menggambarkan Cathay sebagai "salah satu maskapai penerbangan terkuat di dunia..dengan potensi masif di masa depan." [fw/au]

XS
SM
MD
LG