Tautan-tautan Akses

Putra Pendiri Samsung Ajukan Banding


Lee Jae-yong, wakil direktur sekaligus putra pendiri Samsung Electronics (Foto: dok).

Pengacara Lee Jae-yong, wakil direktur sekaligus putra pendiri Samsung Electronics, Senin (28/8), mengajukan permohonan banding bagi kliennya tersebut dalam kasus penyuapan yang membuat Lee dijatuhui hukuman lima tahun penjara.

Pengacara tersebut mengajukan permohonan tersebut di Pengadilan Distrik Seoul. Selain kasus penyuapan, Lee juga didapati bersalah melakukan penipuan, menyimpan aset di luar negeri, menyembunyikan keuntungan yang diperoleh dari tindakan kriminal dan memberi kesaksian palsu.

Lee membantah melakukan semua kekeliruan itu.

Pengadilan tersebut mengatakan Lee yang berusia 49 tahun menyuap empat organisasi yang dikontrol Choi Soon-sil, teman dekat mantan presiden Park Geun-hye. Uang suap sebesar 38 juta dolar itu ditujukan untuk mendapat dukungan pemerintah bagi kesepakatan merger yang akan memperkokoh kontrol Lee atas Samsung dan Samsung Electronics.

Pengadilan mengatakan jumlah itu juga termasuk dana sebesar 6,4 juta dolar untuk menyokong karir berkuda anak perempuan Choi. Park, yang diberhentikan dari jabatannya sebelumnya tahun ini, juga sedang diadili seperti halnya Choi. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG