Tautan-tautan Akses

Pewaris Samsung Dijatuhi Hukuman 5 Tahun Penjara


Wakil Pimpinan Samsung Electronics Co., Lee Jae-yong (kanan) meninggalkan Pengadilan Distrik Pusat, Seoul, Korea Selatan, 25 Agustus 2017. Lee divonis lima tahun penjara terkait penyuapan dalam skandal yang menjatuhkan presiden negara tersebut.

Pengadilan Korea Selatan menjatuhi milyuner pewaris Samsung, Lee Jae-young, hukuman lima tahun penjara karena penyuapan yang terkait dengan skandal yang menjatuhkan presiden negara itu.

Pengadilan Distrik Pusat Seoul juga menyatakan ia bersalah korupsi, menyimpan aset di luar negeri, menyembunyikan keuntungan dari tindak kejahatan dan bersumpah palsu.

Lee telah membantah melakukan kesalahan. Salah seorang pengacaranya, Song Wu-cheol, mengatakan, Lee akan mengajukan banding atas putusan pengadilan di tingkat yang lebih rendah, seraya menambahkan bahwa “seluruh vonis tidak diterima” dan ia menyatakan yakin kliennya tidak bersalah akan ditegaskan oleh pengadilan di tingkat lebih tinggi.

Pengadilan menyatakan Lee yang berusia 49 tahun itu menyuap 38 juta dolar kepada empat entitas yang dipimpin Choi Soon-sil, teman dekat mantan presiden Park Geun-hye, dengan imbalan dukungan pemerintah bagi kesepakatan merger yang memperkuat kekuasaan Lee atas Samsung serta perusahaan andalannya, Samsung Electronics pada saat yang sangat penting.

Pengadilan juga menyatakan jumlah itu mencakup 6,4 juta dolar untuk mensponsori karier putri Choi sebagai penunggang kuda.

Pengadilan terhadap Park dan Choi juga sedang berlangsung. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG