Tautan-tautan Akses

Putin Desak Bisnis AS Bantu Perkuat Hubungan AS-Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara di Forum Ekonomi Internasional di St.Petersburg, Rusia, Jumat (2/6).

Presiden Rusia Vladimir Putin mendesak para eksekutif bisnis Amerika untuk membantu memperbaiki hubungan Amerika Rusia pada Jumat. Hubungan itu telah mencapai titik terendah sejak Perang Dingin.

“Saya ingin mendelegasikan upaya ini kepada Anda. Bantulah kami memulihkan dialog politik yang normal,” kata Putih dalam pidato dihadapan wakil-wakil bisnis Amerika pada sebuah forum ekonomi di St Petersburg.

Putin mengatakan, dia hendak meneruskan komunikasi dengan Presiden Donald Trump, katanya, hubungan baik merupakan kepentingan ke dua negara.

Hubungan antara kedua negara telah merenggang oleh campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun lalu, serta juga konlfik di Ukraina dan Suriah.

Sanksi-sanksi Amerika dan Uni Eropa terhadap Rusia tetap diberlakukan karena keterlibatannya di Ukraina dan aneksasinya atas Krimea.

Putin berusaha menenangkan keprihatinan global sehubungan keputusan Trump untuk menarik Amerika dari persetujuan iklim Paris dan menyerukan kepada pemimpin-pemimpin dunia untuk bekerja sama dengan Trump seputar isu ini.

Putin juga menyebut NATO sebagai alat dari kebijakan luar negeri Amerika yang semakin mendekat ke perbatasan Rusia, tetapi, dia mengungkapkan kesediaan untuk bekerja sama dengan NATO untuk memerangi terorisme. [jm]

XS
SM
MD
LG