Tautan-tautan Akses

Putin Bertekad untuk Memodernisasi Rusia


Presiden Rusia Vladimir Putin mendengarkan pertanyaan seorang wartawan saat menggelar konferensi pers tahunan di Moskow, 14 Desember 2017. (Foto: dok).

Presiden Vladimir Putin telah mengungkapkan visinya untuk memodernisasi Rusia, sementara para pesaingnya dalam pemilu presiden Maret mendatang telah secara resmi mencalonkan diri.

Putin akan bersaing sebagai kandidat independen. Ia berusaha menjauhkan dirinya dari partai utama Kremlin, Rusia Bersatu, yang belakangan ini tercoreng akibat berbagai tuduhan korupsi terhadap beberapa petingginya.

Meski demikian, Putin, Sabtu (23/12), menghadiri Kongres Rusia Bersatu, dan berbicara mengenai tujuan-tujuannya di masa depan. Pada kesempatan itu, Putin juga berjanji akan menawarkan insentif yang lebih luas bagi bisnis, memerangi korupsi, dan mencurahkan lebih banyak sumber daya untuk sistem layanan kesehatan dan pendidikan yang selama ini kurang mendapat suntikan dana.

Dengan tingkat dukungan rakyat yang melebihi 80 persen, Putin diperkirakan akan menang mudah pada pemilu 18 Maret.

Ksenia Sobchak, pembawa acara televisi, juga telah secara resmi mencalonkan diri. Para analis mengatakan, pencalonan wartawan TV itu merupakan akal-akalan Kremlin untuk mendongkrak legitimasi pemilu dan memecah belah para pendukung oposisi yang liberal. [ab]

XS
SM
MD
LG