Tautan-tautan Akses

Punya 5 Anak dalam Satu Tahun, Singa Thor Terpaksa Divasektomi


Seekor singa di Belanda menjalani vasektomi pada Kamis (11/3) setelah pihak kebun binatang memutuskan raja hutan itu sudah punya cukup banyak anak. (Foto: AFP/Gent Shkullaku)

Seekor singa di Belanda menjalani vasektomi pada Kamis (11/3) setelah pihak kebun binatang memutuskan raja hutan itu sudah punya cukup banyak anak.

Seorang staf di Kebun Binatang Burgers di Arnhem mengatakan Thor, yang berusia 11 tahun, telah menghamili dua betina dan menjadi ayah dari lima anak pada tahun lalu.

Reuters, melaporkan, Kamis (11/3), mengutip dokter hewan Henk Luten bahwa ini pertama kali dalam kariernya selama 35 tahun bekerja di kebun binatang, Luten melakukan vasektomi kepada singa.

"Kenapa kita melakukannya? Karena dia terbukti sebagai pejantan. Kami memiliki banyak keturunan dan kami tidak ingin dia menciptakan kelebihan populasi di kolam genetik," kata Luten.

Staf kebun binatang mengatakan mereka memilih untuk melakukan vasektomi, bukan kebiri karena kebiri bisa menyebabkan Thor kehilangan surainya. Tidak hanya itu, dia juga bisa kehilangan harga di dalam hierarki sosial kelompoknya, jika dikebiri.

Butuh lima orang anggota staf untuk mengangkat singa yang dibius ke atas meja operasi di klinik kebun binatang. [ah/au/ft]

XS
SM
MD
LG