Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Warga di Mogadishu Protes Serangan Bom Al-Shabab


Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan di Mogadishu, Somalia untuk memrotes serangan bom oleh kelompok militan a-Shabab, hari Rabu (18/10).

Puluhan ribu orang turun ke jalan-jalan Mogadishu dan kota-kota besar Somalia lainnya pada hari Rabu (18/10), mengutuk orang-orang di balik ledakan besar yang menewaskan hampir 300 orang dan melukai lebih dari 400 lainnya.

Protes Mogadishu terjadi sebagai tanggapan atas seruan dari walikotanya untuk melakukan demonstrasi besar-besaran dan mendoakan orang-orang yang tewas dan terluka dalam ledakan bom truk Sabtu, yang kata pemerintah dilakukan oleh kelompok militan Islam al-Shabab.

Menjelang demo tersebut, pemuda-pemuda yang mengenakan ikat kepala merah memaksa toko-toko tutup.

Para demonstran, meneriakkan slogan-slogan seperti "kalahkan musuh ... kalahkan al-Shabab," kemudian berkumpul di stadion sepak bola Banadir, di mana presiden dan pemimpin lainnya bergabung dengan mereka.

Presiden Mohamed Abdullahi Mohamed mendesak warga Somalia untuk mengangkat senjata dalam perang yang sulit dengan al-Shabab.

Mohamed menyampaikan undangan serupa kepada para pemimpin politik.

"Saya meminta politisi yang memiliki hubungan dengan negara-negara asing untuk menyingkirkan perbedaan kita dan bergabung dalam perang melawan militan," katanya. [as]

XS
SM
MD
LG