Tautan-tautan Akses

Puluhan Ribu Buruh Industri Jerman Mogok Kerja


Para penumpang antri kereta yang terbatas, akibat banyaknya buruh kereta yang ikut mogok kerja di Duisburg, Jerman (foto: ilustrasi).

Puluhan ribu buruh industri Jerman mogok kerja hari Selasa (16/1), guna mendukung tuntutan serikat buruh IG Metall akan kenaikan gaji 6 persen dan hak ke pengurangan baru pertama dalam jam kerja mingguan sejak tahun 1980an.

Buruh telah mengancam aksi mogok semacam itu sejak pekan lalu, taktik yang umum dilakukan dalam negosiasi upah sektoral di Jerman. Sekitar 33 ribu buruh ikut dalam aksi mogok hari Selasa, termasuk 10 ribu buruh produsen Mercedes, Daimler AG, dengan jumlah keseluruhan mencapai 425 ribu sejak pekan lalu.

Dengan ekonomi terbesar di Eropa terus maju dan pengangguran pada jumlah terendah, serikat buruh terbesar Jerman yakin akan meraih kesepakatan yang jauh lebih baik bagi sekitar 3,9 juta buruh dalam sektor logam dan teknik.

IG Metall mengatakan akan memutuskan Jumat depan, setelah putaran pembicaraan upah saat ini tuntas, apakah akan membawa perselisihan tersebut dalam aksi mogok 24 jam atau tidak. [ka/al]

XS
SM
MD
LG