Tautan-tautan Akses

Puluhan Anak Perempuan Nigeria yang Diculik Tahun 2014 Dibebaskan


Para peserta kampanye #BringBackOurGirls melakukan rapat akbar di ibukota Nigeria, Abuja tanggal 8 Januari 2017, untuk memperingati 1000 hari sejak 200 murid sekolah perempuan diculik dari sekolah menengah mereka di Chibok oleh sekte Islamis Boko Haram, Nigeria

Lebih dari 80 pelajar perempuan yang diculik tahun 2014 oleh kelompok militan itu di kota Chibok, dekat perbatasan Nigeria dengan Chad dan Niger telah dibebaskan oleh para ekstremis Boko Haram di Nigeria utara.

Para ekstremis Boko Haram di Nigeria utara telah membebaskan lebih dari 80 pelajar perempuan yang diculik tahun 2014 oleh kelompok militan itu di kota Chibok, dekat perbatasan Nigeria dengan Chad dan Niger.

Para pejabat pemerintah Nigeria mengukuhkan pembebasan itu Minggu pagi. CNN mengutip seorang pejabat pemerintah yang mengetahui situasi itu mengatakan 82 anak perempuan telah berada dalam perlindungan militer di kota Banki, dekat perbatasan dengan Kamerun.

Anak-anak perempuan itu akan dibawa ke ibukota Nigeria, Abuja, dimana mereka akan menjalani pemeriksaan medis sebelum dipersatukan dengan keluarga mereka.

Anak-anak perempuan itu meraih kebebasan menyusul negosiasi yang berlarut-larut antara Boko Haram dan para utusan pemerintah. Namun, masih banyak anak perempuan lain yang diculik dari Chibok masih hilang. [vm]

XS
SM
MD
LG