Tautan-tautan Akses

Pulau-pulau Jepang Masuk Daftar Warisan Dunia UNESCO 


Ombak pasang yang dipicu Badai Haishen menerjang pantai Pulau Amami-Oshima di Prefektur Kaghoshima, Jepang, 5 September 2020. (Foto: Kyodo via Reuters)
Ombak pasang yang dipicu Badai Haishen menerjang pantai Pulau Amami-Oshima di Prefektur Kaghoshima, Jepang, 5 September 2020. (Foto: Kyodo via Reuters)

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan (UNESCO), Senin (26/7), secara resmi menambahkan sejumlah pulau di Jepang barat daya ke dalam daftar situs alam Warisan Dunia.

Dalam pertemuan online, Komisi Warisan Dunia badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) itu memutuskan menambahkan Pulau Amami-Oshima dan Pulau Tokunoshima di Prefektur Kagoshima, bagian utara Pulau Okinawa dan Pulau Iriomote di Prefektur Okinawa ke dalam daftar tersebut. Keputusan itu mengikuti rekomendasi panel penasehat UNESCO pada Mei lalu.

Situs seluas 43 ribu hektar di keempat pulau itu adalah kawasan hutan subtropis yang lebat.

Pulau-pulau itu adalah rumah bagi beragam ekosistem dengan persentase tinggi spesies yang terancam punah atau langka secara global, termasuk kucing Iriomote, dan Okinawa rail, sejenis burung.

Dalam pesan video yang ditayangkan dalam pertemuan itu, Menteri Lingkungan Jepang Koizumi Shinjiro mengatakan, pulau-pulau ini memiliki habitat alami yang sangat baik bagi spesies langka fauna dan flora yang luar biasa dan liar.

Gugusan pulau itu menjadi situs alam Warisan Dunia kelima di Jepang.

Tujuh belas situs arkeologi Era Jomon juga akan ditambahkan ke daftar Warisan Budaya Dunia dalam pertemuan itu, yang akan berlangsung hingga Sabtu.

Jumlah total situs Warisan Dunia di Jepang akan naik menjadi 25. [ka/my]

Recommended

XS
SM
MD
LG