Tautan-tautan Akses

Presiden Turki akan Temui Minoritas Muslim di Yunani


Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras (kanan) berbicara dalam konferensi pers bersama dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, di Maximos Mansion, Athena, 7 Desember 2017. (Foto: dok).

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan bertolak menuju Yunani Timurlaut untuk bertemu dengan anggota masyarakat minoritas Muslim di negara itu, pada hari kedua lawatan resminya ke Yunani.

Erdogan akan mengunjungi sebuah masjid dan bertemu dengan para pejabat setempat di Komotini hari Jumat (8/12), sebelum kembali ke Turki pada sore harinya.

Para pejabat Yunani akan mencermati pernyataan yang mungkin dikeluarkan Erdogan terkait dengan minoritas Muslim, yang menjadi satu dari beberapa isu panas bagi kedua negara yang bertetangga dan juga sekutu NATO itu.

Hari Kamis, Erdogan mengguncang tuan rumahnya dengan mengatakan perjanjian tahun 1923 yang menetapkan batas-batas negara Turki modern dan menggambarkan status minoritas harus “diperbarui.” Kedua pihak secara terbuka mengemukakan keluhan mereka mengenai beberapa isu dalam pertemuan-pertemuan menegangkan yang ditayangkan televisi. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG