Tautan-tautan Akses

Protes RUU Dokumen COVID, Ribuan Pedemo Bentrok dengan Polisi di Paris


Para demonstran dalam demo menentang sejumlah pembatasan untuk meredam COVID-19, termasuk kewajiban memiliki kartu sehat, di luar kantor Kementerian Kesehatan Perancis di Paris, Perancis, 31 Juli 2021.

Bentrokan pecah ketika ribuan orang turun ke jalan-jalan di kota Paris dan beberapa kota lain di seluruh Perancis pada Sabtu (31/7) untuk memprotes rancangan undang-undang (RUU) yang mengharuskan setiap orang memiliki izin khusus untuk memasuki restoran dan tempat-tempat lain.

Selain itu, RUU itu akan mengharuskan vaksinasi vaksin COVID-19 bagi semua petugas kesehatan.

Di Paris, sebagian demonstran yang berpawai di jalan-jalan sambil membawa poster tinggi-tinggi bentrok dengan polisi yang berupaya mengendalikan aksi demonstrasi itu.

Anggota parlemen Perancis telah meloloskan RUU tentang virus corona yang mengharuskan izin khusus untuk memasuki restoran dan tempat-tempat lain mulai 9 Agustus mendatang, seiring melonjaknya perebakan virus corona dan jumlah orang yang dirawat di rumah sakit.

Jajak pendapat menunjukkan mayoritas warga Perancis mendukung keharusan memiliki izin itu, tetapi sebagian lainnya dengan tegas menentang ketentuan baru tersebut.

Untuk memperoleh izin itu, orang harus sudah divaksinasi atau memiliki hasil tes cepat COVID-19 yang negatif. Semua petugas kesehatan juga diharuskan sudah divaksinasi selambat-lambatnya pada pertengahan September nanti.

Pihak berwenang Perancis menerapkan kebijakan izin kesehatan baru ini karena meluasnya perebakan varian delta yang sangat menular. Lebih dari 24 ribu kasus harian baru terjadi pada Jumat lalu (30/7), dibandingkan hanya beberapa ribu kasus pada awal Juli. Lebih dari 111.800 orang di Perancis telah meninggal sejak virus merebak Maret 2020 lalu. [em/jm]

XS
SM
MD
LG