Tautan-tautan Akses

Protes Kekerasan Pecah di New Delhi Terkait Hukum Kewarganegaraan Baru India


Para pengunjukrasa berlindung dari gas air mata yang ditembakkan oleh polisi selama protes terhadap RUU Amendemen Kewarganegaraan, New Delhi, 13 Desember 2019. (Foto: Reuters)
Para pengunjukrasa berlindung dari gas air mata yang ditembakkan oleh polisi selama protes terhadap RUU Amendemen Kewarganegaraan, New Delhi, 13 Desember 2019. (Foto: Reuters)

Polisi di ibukota India, Jumat (13/12), bentrok dengan ratusan mahasiswa yang memprotes undang-undang kewarganegaraan baru yang dikatakan penentang anti-Muslim.

Polisi menembakkan gas air mata dan menggunakan pentungan terhadap para demonstran di Jamia Millia Islamia, sebuah universitas negeri di New Delhi. Para mahasiswa yang melakukan protes melemparkan batu ke arah polisi.

Sejumlah demonstrasi juga berlanjut Jumat di negara bagian timur laut Assam, dimana demonstrasi pertama kali terjadi Rabu setelah majelis tinggi Parlemen India meloloskan RUU kewarganegaraan.

Hampir 10 ribu demonstran melakukan aksi mogok makan sepanjang hari Jumat di ibu kota negara bagian Gauhati.

Pada hari Kamis (12/12), polisi di Assam menembak mati dua demonstran dan melukai 24 lainnya setelah pengunjuk rasa mengabaikan jam malam.

Kekerasan di negara itu membuat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, hari Jumat mengumumkan menunda pertemuan puncak dengan Perdana Menteri India Narendra Modi yang sebelumnya direncanakan berlangsung di negara bagian Assam dan Manipur.

Undang-undang kewarganegaraan baru India memberikan kewarganegaraan India untuk enam kelompok agama dari Bangladesh, Pakistan, dan Afghanistan, termasuk Hindu dan Kristen, tetapi tidak bagi Muslim.

Para pengecam berpendapat undang-undang tersebut mendiskriminasi umat Islam dan melanggar konstitusi sekuler negara tersebut.

Para pengunjuk rasa di Assam juga menyampaikan keprihatinannya bahwa para migran akan pindah ke wilayah perbatasan dan undang-undang yang baru itu akan mengubah ribuan imigran ilegal menjadi penduduk yang sah.

Gugatan hukum terhadap RUU itu telah diajukan ke Mahkamah Agung India. [my/fw]

Recommended

XS
SM
MD
LG