Tautan-tautan Akses

Pria Australia yang Merekam Kampanye Oposisi Kamboja Tetap Mendekam di Tahanan


Pembuat film Australia James Ricketson (tengah) berbicara kepada media di Mahkamah Agung, Phnom Penh, Kamboja, 17 Januari 2018. (Foto: dok).

Seorang pembuat film Australia yang ditangkap tahun lalu di Kamboja atas tuduhan membahayakan keamanan nasional tetap berada di balik jeruji besi setelah pengadilan tertinggi negara itu menolak permohonannya memperoleh tahanan luar dengan jaminan.

James Ricketson ditangkap di Phnom Penh Juni lalu karena memasang kamera di pesawat nirawak untuk memfilmkan rapat umum kampanye partai oposisi, Partai Penyelamatan Kamboja. Ricketson (68 tahun) menghadapi hukuman 10 tahun penjara jika dinyatakan bersalah atas tuduhan tersebut.

Mahkamah Agung Kamboja mengeluarkan sebuah pernyataan hari Selasa (30/1) yang mengatakan bahwa pihaknya menolak permohonan Ricketson karena kasusnya masih dalam penyelidikan.

Alexandra Kennet, pengacara keluarga Ricketson, mengatakan kepada wartawan bahwa keluarga tersebut “sangat, sangat kecewa” dengan keputusan Mahkamah Agung, yang disampaikan tanpa kehadiran Ricketson. Seorang petugas pengadilan mengatakan bahwa kendaraan yang membawanya ke pengadilan untuk menghadiri sidang terlambat tiba. Kennet mengatakan keluarga Ricketson juga khawatir dengan kesehatannya, karena dia ditahan di sebuah sel sempit dengan 140 tahanan lainnya. [lt]

XS
SM
MD
LG