Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump: Korut Jadi Fokus Khusus dalam KTT G7


Para pemimpin negara-negara G7, dari kiri: PM Kanada Justin Trudeau, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden AS Donald Trump, PM Italia Paolo Gentiloni, Presiden Perancis Emmanuel Macron, PM Jepang Shinzo Abe, dan PM Inggris Theresa May di Taormina, Italia, 26 Mei 2017. (AP Photo/Andrew Medichini)

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan terorisme dan Korea Utara merupakan pokok-pokok pembicaraan utama dalam agenda KTT para pemimpin negara-negara anggota G7, yang dimulai hari Jumat di Sisilia, pulau terbesar di Laut Tengah.

Duduk berdampingan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, presiden Amerika itu mengatakan pertemuan tersebut akan memiliki fokus khusus mengenai masalah Korea Utara.

Sementara terorisme akan menjadi keprihatinan utama para pemimpin dalam pembicaraan dua hari mereka di pulau di Italia tersebut, uji coba senjata nuklir Korea Utara dan pembuatan misil balistiknya merupakan masalah besar, masalah dunia, kata Trump. Ia menegaskan bahwa masalah tersebut suatu waktu akan dipecahkan.

Perdagangan merupakan topik penting lainnya menurut mitra-mitra Trump yang berkumpul di kota peristirahatan Taormina. Mereka berharap akan dapat melunakkan sikap Trump mengenai perdagangan dan perubahan iklim.

Direktur Dewan Ekonomi Nasional Gary Cohn, mengatakan kepada wartawan di pesawat kepresidenan Amerika Air Force One dalam penerbangan dari Belgia menuju Sisilia mengatakan, para pemimpin akan melakukan pembahasan yang sangat bersemangat mengenai perdagangan, dan akan membicarakan tentang arti perdagangan bebas dan terbuka. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG