Tautan-tautan Akses

Presiden Zelenskiy Ganti Kepala Staf Pemerintahan Ukraina


Andriy Yermak, di Chatham House London, 5 Desember 2019. (Foto: dok). Yermak ditunjuk Presiden Ukraina untuk menggantikan Andriy Bohdan sebagai Kepala Staf Pemerintah Ukraina, Selasa (11/2).

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy memecat kepala staf pemerintahannya, Andriy Bohdan, dan menggantikannya dengan Andriy Yermak, salah seorang pembantunya yang namanya sering dikaitkan dengan pengacara pribadi Presiden AS Donald Trump, Rudolph Giuliani.

Keputusan-keputusan presiden untuk membebaskan Bohdan dari semua tugasnya dan menunjuk Yermak sebagai penggantinya ditandatangani, Selasa (11/2), diunggah di situs kepresidenan.

Bukti dan kesaksian yang terkumpul selama pengadilan pemakzulan Trump belum lama ini menunjukkan, Giuliani bertemu dengan Yermak untuk mendesak negara itu agar melakukan penyelidikan mengenai kaitan antara Joe Biden dan putranya dengan perusahaan energi Ukraina, Burisma, sesuai permintaaan Trump.

Penunjukan Bohdan untuk posisi itu Mei tahun lalu, setelah Zelenskiy memenangkan pemilu presiden, memicu kontroversi karena Bohdan pernah menjadi pengacara konglomerat berpengaruh Ihor Kolomoyskiy, yang kembali ke Kiev beberapa hari menjelang pelantikan Zelenskiy setelah dua tahun mengasingkan dirinya sendiri di Jenewa dan Tel Aviv.

Kolomoyskiy sendiri meninggalkan Ukraina untuk menghindari gugatan kriminal.

Di bawah presiden sebelumnya, Petro Poroshenko, pemerintah menasionalisasi PrivatBank, yang sempat dimiliki bersama oleh Kolomoyskiy, dan menuduhnya mencuri dana sebesar 5,5 miliar dolar pada saat negara yang dikoyak perang itu mendapat bantuan finansial dari Dana Moneter Internasional (IMF), AS dan Uni Eropa.

Banyak pihak mengatakan pada saat itu, Kolomoyskiy pulang ke negaranya untuk mempengaruhi kebijakan-kebijakan Zelenskiy melalui Bohdan. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG