Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Tidak Akan Hadiri KTT Asia Timur


Presiden Donald Trump pada saat berbicara di sebuah konferensi pers di Gedung Putih, 16 Oktober 2017.

Salah satu tindakan awal Donald Trump sebagai presiden adalah pengunduran diri Amerika dari Kemitraan Trans-Pasifik atau TPP. Trump mengatakan persetujuan perdagangan bebas tersebut merugikan pekerja Amerika.

TPP adalah salah satu langkah beralih ke Asia oleh mantan Presiden Barack Obama – peralihan kembali ekonomi, politik dan militer Amerika ke kawasan yang dipandang sebagai kunci bagi masa depan Amerika.

Setelah sembilan bulan memegang jabatan presiden, keputusan Trump untuk meninggalkan TPP kemungkinan tetap sebagai tanda yang paling jelas bahwa dia bermaksud untuk menghentikan peralihan ke Asia atau setidaknya beralih ke sana dengan caranya sendiri.

Para pejabat Amerika belum mengatakan apakah mereka akan memulai kebijakan serupa yang pasti untuk menggantikan peralihan tadi. Tetapi, tanda-tanda strategi yang lebih luas mungkin akan muncul pekan depan, ketika Trump berangkat dalam perlawatan pertamanya ke Asia sebagai presiden.

Trump tidak akan menghadiri pertemuan puncak kawasan.

Kunjungan tersebutakan termasuk kunjungan di Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam dan Filipina. Tetapi, tempat yang tidak akan disinggahi, Trump telah menjadi kepala-kepala berita.

Walaupun Trump akan menghadiri pertemuan puncak multilateral ASEAN di Filipina,tetapi menurut laporan dia akan pulangsehari sebelum Pertemuan Puncak Asia Timur tahunan, pertemuan kawasan yang memusatkan perhatian kepada Asia Tenggara.

Tindakan tersebut berisiko memberi kesan bahwa Asia Tenggara bukan prioritas bagi Trump, kata Abraham Denmark, seorang mantan pejabat tertinggi mengenai Asia Timur di Pentagon.

“Kawasan tersebut akan melihat bahwa China hadir di sana dan Amerika Serikat tidak. Dan itu akan mengirim pesan yang sangat berbeda,” kata Denmark, yang sekarang bekerja di Woodrow Wilson Center for International Scholars di Washington.

Ini bukanlah pertama kalinya presiden Amerika tidak menghadiri pertemuan puncak itu. Obama juga absen 2013 untuk menghadapi perundingan anggaran dalam negeri yang mengakibatkan penutupan kantor pemerintah.

Pada waktu itu, ketidakhadiran Obama juga menimbulkan kontroversi dalam waktu yang lama.

XS
SM
MD
LG