Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Tiba di Hanoi


Presiden Donald Trump, kiri dan Presiden Vietnam Tran Dai Quang menghadiri Jamuan Makan Malam Kenegaraan di International Convention Center, Sabtu, 11 November 2017 di Hanoi, Vietnam.

Presiden Amerika Donald Trump telah tiba di Hanoi, Ibu Kota Vietnam, Sabtu (11/11) malam untuk menghadiri jamuan makan malam kenegaraan, yang akan disusul dengan pertemuan sehari dengan para pemimpin Vietnam.

Sebelumnya, dia menghadiri pertemuan puncak Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Danang, yang merupakan salah satu dari beberapa pertemuan puncak dalam lawatannya kelima negara Asia.

Pada akhir pertemuan, Sabtu,ke-21 negara anggota APEC mengeluarkan pernyataan yang mengutarakan dukungan pada hubungan perdagangan bebas dan lebih erat kawasan itu, tanpa menyebut doktrin Trump yang mendahulukan Amerika.

Jumat (10/11), Trump dan Presiden China Xi Jinping, memberi pandangan yang bertentangan mengenai arah perdagangan di Asia dalam pidato terpisah kepada para pemimpin perusahaan kawasan itu.

Trump mengatakan kepada pertemuan puncak APEC CEO bahwa dia bersedia mengadakan persetujuan bilateral dengan negara mana pun di kawasan Indo-Pasifik.Tetapi dia dengan tegas menolak persetujuan multinasional seperti Kemitraan Trans Pasifik TPP yang beranggotakan 12 negara. Trump membatalkan TPP pada hari-hari pertama pemerintahannya.

“Saya bersedia membuat persetujuan perdagangan bilateral dengan negara-negara kawasan Indo-Pasifik mana pun yang ingin bermitra dengan kami dan yang akan mematuhi asas perdagangan yang adil dan timbal-balik,” kata Trump. “Yang tidak akan kami lakukan lagi adalah mengikuti kesepakatan besar yang mengikat tangan kami, menyerahkan kedaulatan kami, dan membuat penegakan persetujuan praktis tidak memungkin.” [gp]

XS
SM
MD
LG