Tautan-tautan Akses

AS, Rusia Sepakat Tidak Ada Solusi Militer untuk Konflik Suriah


Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin berbincang, sementara Presiden Vietnam Tran Dai Quang, kanan, memperhatikan dalam sesi foto bersama di KTT APEC di Danang, Vietnam, 11 November 2017.

Presiden Amerika Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah menyetujui sebuah pernyataan bersama yang menyatakan bahwa “tidak ada solusi militer terhadap konflik di Suriah.”

Trump dan Putin menyetujui pernyataan itu di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) di Vietnam. Para pejabat Rusia mengatakan Putin dan Trump melakukan pembicaraan sebelum acara foto bersama para pemimpin APEC di Danang.

Dalam pernyataan bersama, kedua pemimpin dunia itu menekankan lagi bahwa upaya menghancurkan ISIS adalah hal yang sangat mendesak.

Mereka juga setuju untuk “memelihara saluran komunikasi terbuka antara militer untuk membantu memastikan keselamatan pasukan Amerika dan Rusia,” serta mencegah insiden berbahaya terhadap pasukan-pasukan sekutu yang memerangi ISIS.

Trump dan Putin menegaskan komitmen mereka untuk kedaulatan, kemerdekaan dan keutuhan wilayah Suriah serta meminta kepada semua pihak yang terlibat dalam konflik Suriah agar menggunakan proses Jenewa untuk mencari penyelesaian.

Pernyataan itu dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Rusia, yang mengatakan dokumen tersebut telah dirancang para pakar dari Rusia dan Amerika Serikat dan dikoordinasi oleh Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika Rex Tillerson. [gp]

XS
SM
MD
LG