Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Sebut Comey Pengecut


Presiden Donald Trump saat konferensi pers dengan Presiden Rumania Klaus Iohannis di Gedung Putih di Washington, 9 Juni 2017.

Presiden Donald Trump hari Minggu menyebut mantan direktur FBI, James Comey pengecut karena membocorkan pembicaraannya dengan Trump, beberapa hari setelah Comey memberikan pernyataan bahwa Trump berusaha menghentikan penyidikan mengenai kaitan antara tim kampanye pemilihan Trump dan Rusia.

"Saya percaya pembocoran James Comey akan menjadi perhatian jauh lebih besar dari yang diduga orang,” kata Trump dalam cuitan Twitter pagi hari. “Jelas melanggar hukum? Sangat pengecut!”

Direktur FBI yang dipecat, James Comey, menyampaikan pernyataan mengejutkan itu dalam sidang dengar keterangan Komisi Intelijen Senat hari Kamis, di mana ia mengatakan bahwa ia minta kepada seorang "teman" yang disebutnya sebagai seorang professor ilmu hukum Universitas Columbia untuk merilis kepada pers catatan yang dibuatnya mengenai pembicaraannya dengan Presiden Trump.

Comey mengatakan ia berharap memberikan informasi itu kepada media akan memicu penunjukan seorang penyidik khusus untuk menyelidiki keterlibatan Rusia dalam pemilu Amerika, siasat yang ternyata mendatangkan hasil.

Comey menyebut Presiden Trump sebagai pembohong dan menegaskan Trump ingin ia menghentikan penyelidikan terhadap mantan penasihat keamanan nasional Michael Flynn terkait hubungannya dengan Rusia, tuduhan yang telah dibantah Trump.

Hari Jumat, mantan penasihat kampanye Trump Corey Lewandowski mengecam Comey karena tidak cukup jantan karena membocorkan catatannya melalui seorang teman, dan tidak melakukannya sendiri.

"Ia memberikan catatannya kepada seorang professor hukum Universitas Columbia karena ia tidak cukup jantan untuk memberikannya sendiri kepada media agar media mengetahui informasi itu,” kata Lewandeowski dalam acara Today saluran televisi NBC.

Meskipun Trump telah mengecam keras Comey yang disebutnya sebagai “pembocor,” ia juga menyatakan bahwa “nama baiknya terjaga sepenuhnya” setelah James Comey memberikan keterangan di depan Komisi Intelijen Senat. Trump menyatakan hal itu berdasar pada keterangan Comey di depan Komisi bahwa Trump secara pribadi tidak sedang diselidiki. [ds]

XS
SM
MD
LG