Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Pertimbangkan Kunjungan ke Zona Bebas Militer Korea


Presiden AS Donald Trump di Taman Mawar Gedung Putih, Washington DC, 16 Oktober 2017. (Foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump, Senin (16/10) mengatakan ia sedang mempertimbangkan kunjungan ke Zona Bebas Militer Korea atau DMZ dalam lawatan yang direncanakan kelima negara Asia bulan depan.

Presiden Trump, hari Senin, (16/10), mengatakan kepada para wartawan, "Kami mempertimbangkan kunjungan ke DMZ yang dikawal ketat itu. Ia tidak menjawab langsung apakah kunjungan demikian, seperti yang dilakukan Wakil Presiden Mike Pence bulan April, akan dipandang provokatif oleh Korea Utara."

Media Korea Selatan telah berspekulasi bahwa Trump mungkin akan pergi ke Zona Bebas Militer itu, jalur darat sempit yang memisahkan Korea Selatan dan Utara yang menyediakan tempat pemandangan ke negara yang terkucil dan menyendiri itu.

“Setiap presiden Amerika telah mengunjungi DMZ itu, dan Presiden Trump sebaiknya juga melakukannya,” kata Christopher Hill, mantan Duta Besar Amerika untuk Korea Selatan dan Asisten Menteri Luar Negeri Amerika.

Namun, Hill, yang sekarang dekan Sekolah Pengkajian Internasional Korbel di Universitas Denver, mengatakan “waktunya juga harus dipertimbangkan.”

Ned Price, mantan direktur senior Dewan Keamanan Nasional dan asisten Presiden Barack Obama, sependapat, dan menambahkan bahwa “Korea Utara akan menafsirkan setiap kunjungan provokatif.” [gp]

XS
SM
MD
LG