Tautan-tautan Akses

AS

Presiden Trump Kunjungi Pabrik Pesawat Boeing di South Carolina


Presiden Amerika Donald Trump saat meninjau pabrik Boeing di North Charleston, South Carolina, 17 februari 2017. (REUTERS/Kevin Lamarque).

Presiden Amerika Donald Trump, yang kurang dari sebulan memegang jabatan, kelihatannya seperti berkampanye lagi hari Jumat (17/2) ketika ia meninjau pabrik pesawat terbang Boeing yang sangat besar itu di South Carolina.

Presiden mengadakan beberapa kali rapat umum di hangar-hangar bandara ketika ia berkampanye di seluruh Amerika tahun lalu. Kunjungan ke Boeing kemarin di North Charleston, South Carolina, mengingatkan orang akan pesinggahannya pada masa kampenye tersebut.

Trump lebih gembira di Boeing daripada ia sehari sebelumnya dalam jumpa pers yang ribut di Gedung Putih, di mana ia mendamprat media dan terus mengecam Hillary Clinton, saingannya dari Partai Demokrat dalam pemilihan presiden yang lalu.

Trump, yang menang besar dalam pemilihan presiden di South Carolina, mengatakan kepada para pekerja Boeing, yang baru-baru memutuskan untuk tidak mempunyai serikat buruh, bahwa ia hanya ingin menjaga agar pekerjaan tetap di Amerika, ucapannya yang disambut meriah oleh para pekerja.

Presiden juga bergurau bahwa ia masih tawar menawar dengan Boeing mengenai harga sebuah pesawat kepresidenan yang baru, Airforce One. Pesawat Air Force One yang sekarang sudah berusia 30 tahun. Tidak lama setelah memangku jabatan, Trump menolak harga jutaan dolar untuk menggantikan pesawat kepresidenan itu.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan komite kampanye Trump akan mengadakan rapat umum di Florida, Sabtu (18/2). Presiden kabarnya telah mengajukan pada hari pelantikannya surat-surat pencalonannya kembali untuk masa jabatan kedua dalam pemilihan presiden tahun 2020. [gp]

XS
SM
MD
LG