Tautan-tautan Akses

Presiden Trump Berada di Jepang untuk KTT G-20 dan Pembicaraan dengan Para Pemimpin Dunia


Presiden AS, Donald Trump, tiba di Bandara Internasional Osaka, di Toyonaka, prefektur Osaka, Jepang, 27 Juni 2019 (foto: Reuters/Issei Kato
Presiden AS, Donald Trump, tiba di Bandara Internasional Osaka, di Toyonaka, prefektur Osaka, Jepang, 27 Juni 2019 (foto: Reuters/Issei Kato

Presiden Amerika Donald Trump hari Kamis tiba di Osaka, Jepang, di mana dia menghadiri pertemuan puncak dengan para pemimpin lain dari G-20 atau Kelompok 20..

Di sela-sela acara utama, Presiden Trump dijadwalkan akan mengadakan sejumlah pertemuan bilateral, termasuk dengan Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari Kamis. Dia akan berbicara dengan Presiden China Xi Jinping pada hari Jumat.

Pembicaraan Amerika-Tiongkok kemungkinan akan berkisar pada perdagangan setelah gagalnya negosiasi dan kenaikan tarif oleh kedua belah pihak.

Para pejabat Amerika mengatakan tidak ada agenda pasti untuk pertemuan Trump dengan Putin, tetapi mereka mengakui bahwa kedua pemimpin itu hampir pasti akan membahas masalah yang meliputi Ukraina, Timur Tengah, dan Venezuela.

Trump juga dijadwalkan akan menggunakan sesi G-20 untuk menyampaikan bahwa pemerintahannya akan terus menerapkan tekanan ekonomi pada Iran dan mengupayakan negosiasi baru mengenai program nuklirnya.

Setelah KTT, Trump terbang ke Seoul untuk bersama Presiden Korea Selatan Moon Jae-in membahas berbagai cara untuk meredakan ketegangan dengan Korea Utara. [lt/ab]

XS
SM
MD
LG